Nurul Ilma

Nurul Ilma

Psikolinguistik

C PBSI 2010

Pertanyaan

  1. Yang manakah terlebih dahulu, berbahasa atau berpikir? Jelaskan disertai teori yang mendukungnya!
  2. Benarkah yang dikatakan oleh Gorys Keraf? Jika benar, bagaimana dengan bunyi klakson, bunyi bedug, bahasa bayi, hewan, dan orang bisu (tuna wicara)?

Jawaban

  1. Dalam penggunaan bahasa terjadi proses mengubah pikiran menjadi kode dan mengubah kode menjadi pikiran. Bahasa sebagai hasil proses dan sebagai sesuatu yang diproses bisa berupa lisan atau bahasa tulis. Kempen (Marat, 1983:5) mengemukakan bahwa Psikolinguistik adalah studi mengenai manusia sebagai pemakai bahasa, yaitu studi mengenai sistem-sistem bahasa yang ada pada manusia yang dapat menjelaskan cara manusia menangkap ide orang lain dan bagaimana ia dapat mengekspresikan idenya sendiri melalui bahasa, baik secara tertulis ataupun secara lisan. Pendapat tersebut secara tersurat menyatakan bahwa bahasa diperoleh manusia sehingga mampu berbahasa. Jadi, secara garis besar didahului dengan berbahasa lalu berpikir.
  2. Gorys Keraf mengatakan bahwa bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Hal yang mesti digarisbawahi adalah bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang menggunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer dan dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata. Bunyi bedug, bunyi klakson dan bunyi hewan sudah jelas bukan merupakan bahasa sebab tidak diproduksi oleh alat ucap manusia. Sedangkan bahasa bayi dan tuna wicara merupakan bahasa yang harus diolah. Bayi mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam berbahasa. Tuna wicara juga mampu berbahasa dengan sesamanya yang juga tuna wicara. Tapi dianggap tidak berbahasa jika berkomunikasi dengan manusia normal.

2 responses to “Nurul Ilma

    • iya, insya Allah nanti kita akan coba. di sini blog kami hanya di isi dengan tugas2 psikolinguistik yang diberikan oleh dosen kami. terima kasih telah mengunjungi blog kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s