Latifah Damayanti

Tugas Individu

Nama : Latifah Damayanti

NIM    : 10 5104 061

Kelas  : C PBSI

Soal

  1. Yang manakah terlebih dahulu, berbahasa atau berpikir? Pilih beserta teori yang mendukung.
  2. Benarkah yang dikatakan Gorys Keraf , mengenai pengertian bahasa? Bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, orang bisu, atau tuna wicara bunyi klakson, dan bunyi beduk juga termasuk bahasa?

Jawaban

  1. Berpikir, karena sebelum berbahasa manusia tentunya memikirkan apa yang akan diutarakan bahasa hanya mempengaruhi pikiran untuk mengembanggkan pemikiran ( ide) itu sendiri hal ini sesuai dengan teori yang dikemukakan Jean Piaget seorang sarjana Prancis, yang berpendapat justru pikiranlah yang membentuk bahasa. Tanpa pikiran bahasa tidak akan ada.  Pikiranlah yang menentukan aspek-aspek sintaksis dan leksikon bahasa: bukan sebaliknya. Piaget yang mengembangkan teori pertumbuhan kognisi (Piaget, 1962) menyatakan jika seorang anak-anak dapat menggolongkan sekumpulan benda-benda tersebut dengan menggunakan kata-kata yang sama dengan benda-benda tersebut, maka perkembangan kognisi dapat diterangkan telah terjadi sebelum dia dapat berbahasa.
  2. Menurut Gorys Keraf bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Namun, segala sesuatu yang dihasilkan manusia oleh alat ucap tidak selamanya menjadi bahasa. Sesuatau yang dihasilkan manusia akan menjadi bahasa apabila memiliki makna. Bahasa bayi dan Bahasa orang bisu merupakan bahasa sedangkan, bahasa hewan, bunyi klakson, dan bunyi beduk bukan merupakan bahasa karena tidak dihasilkan oleh alat ucap manusia selain itu sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Eric Lennenberg yaitu : perkembangan bahasa tidak dapat dihambat meskipun pada anak-anak yang mempunyai cacat tertentu, bahasa anak-anak ini tetap berkembang dengan hanya sedikit kelambatan. Menurut lenennberg bahasa tidak dapat diajarkan kepada mahluk lain. Hingga saat ini belum pernah ada mahluk lain yang dapat menguasai bahasa, sekalipun telah diajarkan dengan cara-cara yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s