NUR KHAIRINNISA; 105104082

  1. Yang manakah yang lebih dahulu, berbahasa atau berpikir? Pilih salah satunya dan jelaskan dengan teori yang mendukung.

Jawab: Menurut pemahaman saya, kegiatan berbahasa lebih dahulu dibanding berpikir. Hal ini didukung oleh teori-teori dari para ahli di bidangnya. Seperti Teori Wilhelm Van Humboldt yang menekankan adanya ketergantungan pemikiran manusia pada bahasa. Maksudnya, pandangan hidup dan budaya suatu masyarakat ditentukan oleh bahasa masyarakat itu sendiri. Jika salah seorang dari anggota masyarakat ini ingin mengubah pandangan hidupnya, maka dia harus mempelajari dulu satu bahasa lain. Maka dengan demikian, dia akan menganut cara berpikir dan budaya dari masyarakat bahasa lain itu.

Sejaln dengan teori Van Humboldt di atas, Edward Sapir, salah seorang linguis Amerika mengatakan bahwa manusia hidup di dunia ini di bawah “belas kasih” bahasanya yang telah menjadi alat pengantar dalam kehidupannya bermasyarakat. Dengan tegas Sapir juga mengatakan hal-hal yang kita lihat, kita dengar, kita alami, dan kita perbuat sekarang ini adalah karena sifat-sifat maupun tabiat-tabiat bahasa kita telah menggariskannya terlebih dahulu. Sama halnya dengan Von Humboldt, Benjamin Lee Whorf, murid Sapir, ia juga mengatakan bahwa bahasa menentukan pikiran seseorang sampai kadang-kadang bisa membahayakan dirinya sendiri.

  1. Betulkah yang dikatakan oleh Gorys Keraf mengenai pengertian bahasa itu sendiri? Bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, tunawicara, klakson, dan beduk? Apakah itu termasuk bahasa?

Jawab: Gorys Keraf memberikan definisi bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa pula diartikan pula sebagai sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer. Hal ini perlu ditinjau kembali karena menurut saya, bahasa merupakan sistem bunyi yang keluar dari alat ucap manusia dan bunyi-bunyi itu bermakna. Tentu saja suara hewan, klakson, dan beduk bukan bahasa karena suara-suara tersebut tidak keluar dari alat ucap manusia. Sedangkan bahasa bayi merupakan bahasa natural yang didapatkan kali pertama oleh oleh manusia. Ada unsur natur saat mengeluarkan bahasa dengan struktur organ alat-alat bicara seperti mulut, lidah, gigi, dan rongga tenggorokan yang mulai terbentuk. Adapun tunawicara menggunakan isyarat maupun gerak-gerak khusus yang bermakna yang dapat dilakukannya dengan sesama tunawicara, bukan bahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s