AZIZAH FATWANY DAHNIAR 105104066

TUGAS PSIKOLINGUISTIK

1.    Manakah yang lebih dahulu, berpikir dahulu kemudian berbahasa? Atau barbahasa kemudian berfikir?

Menurut saya, bahasa adalah media utama dalam menyampaikan pikiran, pikiran kita telah terbentuk sejak kita dilahirkan hanya pengenalnnya saja terhadap bahasa yang memang memerlukan proses hingga perklahan-lahan memahami dan kemudian menggunakan bahasa itu sendiri.
Pendapat saya ini dilandasi dengan teori dari Steven Pinker tentang Akuisisi  Bahasa dia mengtakan bahwa ’Bahasa adalah kendaraan utama yang kita tahu tentang pikiran orang lain, dan keduanya harus berhubungan erat. Setiap kali kita berbicara kita mengungkapkan sesuatu tentang bahasa’ jadi bahasa hanylah kendaran untuk menyampaikan apa yang kita pikrkan dn pikiran kita merupakan sesuatu yang bisa mengendalikan apa yang kita sebut dengan bahasa.

2.    Benarkah yang dikatakan Gorys Keraff mengenai pengertian bahasa? Lalu bagaimana dengan bahasa bayi, binatang, orang bisu, bunyi klakson, dan bunyi bedug?
Ya, benar. Selain bunyi yang keluar dari alat ucap manusia dan memiliki makna serta ada konvensi atas bunyi tersebut itu adalah bahasa adapun diluar dari pengertian tersebut itu hanyalah sebuah tanda atau simbol yang disepkati bersama  tentang bahasa bayi itu sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses terhadap pengenalan bahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s