Citra Armal: 105104085

ATUGAS INDIVIDU

PSIKOLINGUISTIK

 

Nama         : Citra Armal

Nim            : 105104085

Kelas           :C

 Pertanyaan;

  1. Yang manakah lebih dahulu berbahasa atau berfikir?
  2. Betulkah yang dikatakan dari gorys keraf bahasa itu sendiri? Bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, orang bisu, bunyi klakson, dan bunyi beduk?

Jawab:

  1. Berbahasa dulu baru berfikir karena dia harus mempelajari satu bahasa lain, maka dengan demikian dia akan menganut cara berfikir (juga budaya) masyarakat bahasa lain.Teori Wilhelm Von Humboldt.
  2. Ia, bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan yang mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi. Mereka menunjukkan bahwa dua orang atau pihak yang mengadakan komunikasi dengan menggunakan cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama.

Kalau hewan melalui insting yang diikuti dari bahasa manusia atau keberadaan manusia disampingnya makanya hewan memperagakan gaya manusia.

Orang bisu termasuk bahasa, karena jika mereka berbicara dengan bahasa isyarat, merekapun bisa memahami apa yang disampaikan lawan bicaranya. Jadi, bahasa hewan, bunyi klakson, dan bunyi beduk bukan bahasa.

Bahasa bayi termasuk bahasa juga, karena dia sudah bisa menangkap apa yang di sampaikan oleh ibunya ataupun orang lain dan bisa menangkap tuturan-tuturannya,walaupun yang disampaikan tidak sudah jelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s