Esti Sarmita; 105104064

 

MK. PSIKOLINGUISTIK

Tugas Individu

Esti Sarmita

105104064

 

Pertanyaan:

  1. Yang mana kah yang terlebih dahulu, bahasa atau berpikir? Kemukakan alasan disertai teori yang mendukung.
  2. Benarkah yang dikatakan Gorys Keraff mengenai pengertian bahasa? Lalu bagaimana dengan bahasa bayi, binatang, orang bisu, bunyi klakson, dan bunyi bedug?

 

Jawaban:

 

  1.  Kalau menurut saya, berpikir yang lebih dahulu. Karena sepengetahuan saya, sebelum seseorang berbicara atau berbahasa, dia telah memikirkan terlebih dahulu apa yang akan dikatakannya. Dalam teori Ferdinand De Saussure, beliau menjelaskan bahwa perilaku bertututr atau tindak tutur sebagai satu rangkaian hubungan antara dua orang atau lebih, misalnya antara A dengan B. Di dalam otak penutur  A terdapat konsep-konsep atau fakta-fakta mental yang dihubungkan dengan bunyi-bunyi linguistik sebagai perwujudannya yang digunakan untuk melahirkan konsep –konsep tersebut. Baik konsep maupun imaji bunyi tersebut terletak dalam satu tempat yaitu penghubung yang berada di otak. Jika penutur A ingin mengemukakan sebuah konsep kepada pendengar B, maka konsep itu membukakan pintu kepada pewujudnya yang berupa imaji bunyi yang masih berada di dalam otak. Kemudian dengan terbukanya pintu imaji bunyi ini, otak pun mengirim satu impuls yang sama dengan imaji bunyi itu kepada alat-alat ucap yang mengeluarkan bunyi.

Dari teori yang dikemukakan oleh Ferdinand De Saussure, kita dapa mengambil kesimpulan bahwa berpikir lah yang terlebih dahulu. Konsep-konsep itulah yang kemudian diolah dalam otak, pengolahan itu disebut proses berpikir, kemudian diwujudkan dengan mengeluarkan konsepe tersebut melalui alat ucap, itulah yang disebut sebagai bahasa. 

 

  1. Gorys Keraff mengemukakan bahwa bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

Saya sependapat dengan pernyataan yang dikemukakan oleh Gorys Keraff. Bahasa juga lahir dari kesepakan pengguna bahasa itu sendiri. Bahasa bayi, dapat dikatakan bahasa, sebab bayi yang berbicara, walaupun belum sempurna apa yang dia ucapkan, tetapi bunyi itu keluar dari alat ucapnya. Binatang tidak mempunyai bahasa, mereka hanya memiliki insting. Orang bisu menggunakan bahasa non verbal. Sedangkan bunyi klakson dan bedug, kalau menurut saya hanya merupakan simbol.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s