MUHAMMAD BISMAR (105104077)

Pertanyaan :

1. Apakah bahasa memengaruhi pikiran atau pikiran memengaruhi bahasa? Pilih salah satunya disertai teori yang mendukung.

2. Benarkah yang dikatakan oleh Gorys Keraf mengenai pengertian bahasa? Lalu bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, tunawicara, bunyi klakson, dan bunyi beduk?

Jawab :

1. Kalau kita perhatikan dan cermati secara seksama bagaimana Jusuf Kalla (JK), mantan wakil presiden RI dan Susilo Bambang Yudoyono (SBY), presiden RI berbicara, kita menemukan dua deskripsi bahasa dan pikiran yang relatif berbeda. JK, kelihatannya berbicara dengan cepat, dan kurang terstruktur, serta cenderung menimbulkan kesalahan baik secara substansi maupun dari tataran linguistik. Sebaliknya, SBY cenderung berbicara lambat, lebih terstruktur, sedikit kesalahan dalam substansi dan linguistiknya. Dari dua sosok ini, kita mendapat gambaran bagaimana hubungan dan kedudukan bahasa dan pikiran atau pikiran dan bahasa dalam proses berkomunikasi. Dari data di atas, saya menyimpulkan bahwa pikiran berkedudukan di atas bahasa karena tanpa pikiran bahasa tidak akan pernah lahir. sedangkan hubungan antara bahasa dan pikiran selain dilihat dari kedudukannya yaitu kemampuan IQ dan kecerdasan seseorang yang sangat berpengaruh dengan sikap dan cara berbahasanya.

2. Saya sependapat dengan pendapat Gorys Keraf mengenai pengertian bahasa bahwa bahasa merupakan sistem bunyi/bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan mempunyai makna. adapun bunyi lainnya seperti suara bayi, hewan, tunawicara, bunyi klakson, dan bunyi beduk merupakan tanda dan bukan bahasa walaupun terkadang bunyi itu bermakna tetapi tetap tidak memenuhi syarat sebuah bunyi itu sebagai bahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s