Nency Angelya Pundising 105104083

Tugas Psikolinguistik

  1. Yang mana lebih dahulu, berpikir kemudian berbahasa atau berbahasa kemudian berpikir? Kemukakan dengan sebuah teori yang mendukung.
  2. Betulkah yang dikatakan Gorys Keraf tentang pengertian bahasa itu sendiri? Bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, tunawicara, bunyi klakson, dan bunyi beduk?

JAWABAN

  1. Yang lebih dahulu yaitu berpikir kemudian berbahasa karena setiap apa yang hendak kita semuanya berawal dari pikiran yang kita telah rancangkan. Sesuai dengan teori dari Jean Piaget: Berbeda dengan pendapat Sapir dan Whorf, Piaget, sarjana perancis, berpendapat justru pikiranlah yang membentuk bahasa. Tanpa pikiran bahasa tidak aka nada. Pikiranlah yang menentukan aspek-aspek sintaksis dan leksikon bahasa: bukan sebaliknya. Piaget yang mengembangkan teori pertumbuhan kognisi (Piaget, 1962) menyatakan jika seseorang anak-anak dapat menggolongkan sekumpulan benda-benda tersebut dengan menggunakan kata-kata yang serupa dengan benda-benda tersebut, maka perkembangan kognisi dapat diterangkan telah terjadi sebelum dia dapat berbahasa. Mengenai hubungan bahasa dengan kegiatan-kegiatan intelek (pikiran) Piaget mengemukakan dua hal penting berikut:

1) Sumber kegiatan intelek tidak terdapat dalam bahasa, tetapi dalam periode sensomotorik, yakni satu sistem skema, dikembangkan secara penuh, dan membuat lebih dahulu gambaran-gambaran dari aspek-aspek struktur golongan-golongan dan hubungan-hubungan benda-benda(sebelum mendahului gambaran-gambaran lain) dan bentuk-bentuk dasar penyimpanan dan opersai pemakaian kembali.
2) Pembentukan pikiran yang tepat dikemukakan dan berbentuk terjadi pada waktu yang bersamaan dengan pemerolehan bahasa. Keduanya miliki suatu proses yang lebih umum, yaitu konstitusi fungsi lambing pada umumnya. Fungsi lambing ini mempunyai beberapa aspek. Awal terjadi fungsi lambing ini ditandai oleh bermacam-macam perilaku yang terjadi serentak dalam perkembangannya. Ucapan-ucapan bahasa pertama yang keluar sangat erat hubungannya dan terjadi serentak dengan permainan lambing, peniruan,dan bayangan-bayangan mental. Piaget juga menegaskan bahwa kegiatan intelek (pemikiran) sebenarnya adalah aksi dan perilaku yang telah dinuranikan dan dalam kegiatan-kegiatan sensomotor termasuk juga perilaku bahasa. Yang perlu di ingat adalah bahwa dalam jangka waktu sensormotor ini kekelan benda merupakan pemerolehan umum.

 

  1. Pengertian bahasa yang dikemukakan menurut Gorys Keraf sudah betul karena tanpa lambang dan tanda-tanda yang bermakna, manusia tidak dapat mengetahui dengan jelas maksud dari yang dikatakan seseorang, makanya bahasa menurut Keraf sudah tepat. Lalu bagaiman dengan bahasa bayi, hewan, tunawicara, bunyi klakson, dan bunyi beduk? Itu bukan bahasa karena tidak memiliki makna dan lambang. Berpatokan dengan pengertian yang dikemukakan Gorys Keraf bahwa bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, sehingga segala macam bahasa harus sesuai dengan tanda dan lambang yang telah disepakati bersama (konvensional).

 

 

file:///C:/DOCUME~1/ADMINI~1/LOCALS~1/Temp/BAB1.htm

http://kulutchu.blogspot.com/2010/10/fungsi-fungsi-bahasa-menurut-gorys.html

http://meky-anak-ranau.blogspot.com/2011/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html

http://carapedia.com/pengertian_definisi_bahasa_menurut_para_ahli_info494.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s