Riski Amaliyah ; 105104084

Tugas psikolinguistik

  1. Apa yang terlebih dahulu bahasa atau pikiran? Pilih satu dan sertakan teori yang mendukungnya!
  2. Benarkah pengertian bahasa menurut Gorys Keraf? Lalu bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, orang bisu, klakson, dan beduk apakah termasuk bahasa?

Jawaban:

1. Menurut saya adalah pikiran yang terlebih dahulu dibandingkan dengan bahasa karena dengan adanya akal pikiran manusia bisa berbahasa dan menciptakan suatu bahasa. Seperti yang kita ketahui secara umum pengertian bahasa adalah simbol bunyi yang di keluarkan oleh alat ucap manusia dan bermakna.

 Mengapa hanya manusia saja yang dikatakan berbahasa? Mengapa hewan tidak dikatakan berbahasa? Karena manusia diciptakan dengan dianugerahi akal pikiran sedangkan binatang tidak. Berdasarkan pernyataan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa karena adanya akal pikiran, manusia bisa berbahasa.

Pernyataan di atas didukung juga oleh teori Jean Piaget. Jean Piaget mengemukakan bahwa  pikiranlah yang membentuk bahasa. Tanpa pikiran bahasa tidak akan ada. Pikiranlah yang menentukan aspek-aspek sintaksis dan leksikon bahasa: bukan sebaliknya. Peaget yang mengembangkan teori pertumbuhan kognisi (Piaget, 1962) menyatakan jika seorang anak-anak dapat menggolongkan sekumpulan benda-benda tersebut dengan menggunakan kata-kata yang serupa dengan benda-benda tersebut, maka perkembangan kognisi dapat diterangkan telah terjadi  sebelum dia dapat berbahasa.

 2. Menurut Gorys Keraf (1997:1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Menurut saya apa yang dikemukakan oleh Goris Keraf benar.

Bahasa adalah alat yang sistematis untuk menyampaikan gagasan atau perasaan dengan memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, gestur, atau tanda-tanda yang disepakati, yang mengandung makna yang dapat  dipahami (Woster’s Third New International Dictionary of the English Language, 1961:1270).

Pernyataan di atas adalah salah satu teori yang mendukung pendapat Goris Keraf. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahasa bayi, hewan, orang bisu, klakson, dan beduk juga merupakan suatu bahasa asalkan terjadi suatu kesepakatan atau konvensional terhadap pengguna bahasa bahwasanya semua itu adalah bahasa.

 

Oleh: Riski Amaliyah 105104084 kelas c pendidikan jurusan bahasa Indonesia & Sastra FBS UNM Parangtambung.

Rujukan :

Mahmuda, Dr. 2012. Diktat Psikolinguistik Kajian Teoritik. Makassar.

Patombongi, A.Wardiahan. 2010. Diktat Pengantar Linguistik. Makassar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s