Widieunike, 105104067

Tugas Psikolinguistik

Nama   :  Widieunike

NIM    :  105104067

Kelas   :  C

 

Pertanyaan

  1. Apakah bahasa memengaruhi pikiran atau pikiran memengaruhi bahasa? Pilih salah satunya disertai teori yang mendukung.
  2. Benarkah yang dikatakan oleh Gorys Keraf mengenai pengertian bahasa? Lalu bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, tunawicara, bunyi klakson, dan bunyi beduk?

Jawaban

1. Menurut saya, bahasalah yang memengaruhi pikiran. Teori yang mendukung pendapat saya tentang pengaruh bahasa terhadap pikiran adalah teori Saphir-Whorf. Edward Saphir dan Benyamin Whorf mengatakan bahwa tidak ada dua bahasa yang memiliki kesamaan untuk dipertimbangkan sebagai realitas sosial yang sama. Saphir dan Whorf pun menguraikan dua hipotesis mengenai keterkaitan antara bahasa dan pikiran.

  • Linguistic realitivity hypothesis yang menyatakan bahwa perbedaan struktur bahasa secara umum paralel dengan perbedaan kognitif non bahasa. Perbedaan bahasa menyebabkan perbedaan pikiran orang yang menggunakan bahasa tersebut.
  • Linguistic determinism yang menyatakan bahwa struktur bahasa memengaruhi cara individu mempersepsi dan menalar dunia perseptual. Dengan kata lain, struktur kognisi manusia ditentukan oleh kategori dan struktur yang sudah ada dalam bahasa.

Pengaruh bahasa terhadap pikiran dapat terjadi melalui habituasi dan aspek formal bahasa, misalnya gramatika dan leksikon. Untuk memperkuat hipotesisnya, Saphir dan Whorf memaparkan beberapa contoh, salah satunya adalah kata ‘salju’. Whorf mengatakan bahwa sebagian besar manusia memiliki kata yang sama untuk menggambarkan salju.

Bahasa bagi Saphir dan Whorf merupakan realitas sosial. Walaupun bahasa biasanya tidak diminati oleh ilmuwan sosial, bahasa secara kuat mengondisikan pikiran individu tentang sebuah masalah dan proses sosial.

Hipotesis Saphir-Whorf didukung oleh beberapa temuan dalam bidang, terutama dalam bidang antropologi. Seorang antropologis, Lucy menulis mengenai perbedaan bahasa yang berkaitan dengan aktivitas perseptual. Sebagai contoh, dua individu yang memiliki kosakata tentang warna dasar yang berbeda akan mengurutkan warna sekunder dengan cara berbeda. Selain Lucy, masih banyak lagi dukungan terhadap konsep Saphir-Whorf, di antaranya Gumperz dan Levinson, dan Levi (1973, dalam Wierzbicka, 1995).

Bahasa mampu memengaruhi pikiran melalui beberapa formulasi, yaitu:

  • Bahasa meningkatkan komunikasi
  • Bahasa memperluas pikiran dengan adanya abstraksi
  • Bahasa dapat membentuk kebudayaan
  • Bahasa dapat membangun verbal sef-concept

2. Saya sependapat dengan pendapat Gorys Keraf mengenai pengertian bahasa bahwa bahasa merupakan sistem bunyi/bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan mempunyai makna. Bagaimana dengan bahasa bayi, hewan, tunawicara, bunyi klakson, dan bunyi beduk? Dilihat dari asal bunyinya, suara bayi memang merupakan bunyi dihasilkan oleh alat ucap manusia. Namun, suara bayi tersebut tidak memiliki makna dan tidak ada benda atau sesuatu sebagai acuan atau referen dari makna tersebut. Suara hewan sudah tidak termasuk bahasa karena tidak dihasilkan oleh alat ucap manusia memang tidak bermakna serta tidak memiliki referen. Tunawicara berkomunikasi melalui isyarat, dan itupun bukan merupakan bahasa, begitu juga dengan bunyi klakson dan bunyi beduk.

Kelima hal tersebut merupakan tanda. Tanda dengan hal yang ditandainya bersifat langsung. Suara tangis bayi merupakan tanda bahwa dia menginginkan sesuatu. Suara hewan juga merupakan sebuah tanda. Isyarat yang digunakan oleh para tunawicara merupakan tanda untuk berbagai hal yang ditandai dalam komunikasi mereka. Bunyi kalkson merupakan tanda bahwa pejalan kaki harus berjalan di trotoar. Bunyi beduk juga merupakan tanda bahwa waktu sholat telah tiba.

Sumber:

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

widhiarso.staff.ugm.ac.id/…/hubungan_antara_bahasa_dan_pikiran.pikiran/pdf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s