SUMIATI PUTRI NATALIA; 105104072

TUGAS  1

PSIKOLINGUISTIK

 

Nama              : Sumiati Putri Natalia

Kelas               : C

NIM                : 105104072

 

  1. Menurut saya, pikiran dan bahasa saling mempengaruhi tidak ada yang mendahului satu sama lain. Seperti yang dikemukakan oleh L.S. Vygotsky seorang sarjana bangsa Rusia dalam teorinya mengatakan bahwa bahasa dan pikiran saling mempengaruhi. Artinya, ada satu tahap perkembangan bahasa sebelum adanya pikiran, dan ada satu tahap perkembangan pikiran sebelum adanya bahasa. Kemudian, kedua garis perkembangan ini saling bertemu, maka terjadilah secara serentak pikiran berbahasa dan bahasa berpikir. Dengan kata lain, pikiran dan bahasa pada tahap permulaan berkembang secara terpisah, dan tidak saling mempengaruhi. Jadi, mula-mula pikiran berkembang tanpa bahasa, dan bahasa mula-mula berkembang tanpa pikiran. Lalu pada tahap berikutnya, keduanya bertemu dan bekerja sama, serta saling mempengaruhi. Begitulah anak-anak berpikir dengan menggunakan bahasa dan berbahasa dengan menggunakan pikiran.

 

Menurut Vygotsky dalam mengkaji gerak pikiran ini kita harus mengkaji dua bagian ucapan dalam yang mempunyai arti yang merupakan aspek semantik ucapan, dan ucapan luar yang merupakan aspek fonetik atau aspek bunyi-ucapan.

Pikiran dan kata, menurut Vygotsky (1962:116) tidak dipotong dari satu pola. Struktur ucapan tidak hanya mencerminkan, tetapi juga mengubahnya setelah pikiran berubah menjadi ucapan.

 

 

 

Sebenarnya ada tiga pendapat yang berbeda dari uraian para ahli mengenai keterkaitan antara bahasa dan pikiran.

  1. Bahasa mempengaruhi pikiran

Pikiran manusia dpat terkondisikan oleh kata yang manusia gunakan. Pendapat ini didukung oleh beberapa tokoh seperti Benyamin Whorf dan gurunya, Edward Saphir. Whorf menyatakan bahwa bahasa menentukan pikiran seseorang sampai kadang-kadang bias membahayakan dirinya sendiri. Sama halnya dengan Whorf, Von Humboldt dan Sapir berpendapat bahwa bahasa merupakan sintese dari bunyi dan pikiran, dengan kata lain struktur suatu bahasa menyatakan kehidupan dalam (otak,pikiran) penutur bahasa itu.

  1. Pikiran mempengaruhi bahasa

Jean Piaget seorang sarjana Perancis, berpendapat bahwa  pikiranlah yang membentuk bahasa. Tanpa pikiran bahasa tidak akan ada. Pikiranlah yang membentuk aspek-aspek sintaksis dan leksikon bahasa. Melalui observasi yang dilakukannya terhadap perkembangan aspek kognitif anak, ia melihat bahwa perkembangan aspek kognitif anak akan mempengaruhi bahasa yang digunakannya. Semakin tinggi aspek tersebut semakin tinggi bahasa yang digunakan.

  1. Bahasa dan pikiran saling mempengaruhi

Hubungan timbale balik antara kata-kata dan pikiran dikemukakan oleh Benyamin Vigotsky, seorang ahli semantic berkebangsaan Rusia yang teorinya dikenal sebagai pembaharu teori Piaget mengatakan bahwa bahasa dan pikran saling mempengaruhi.

  1. Saya setuju dengan pengertian bahasa menurut Gorys Keraf (1997:1) yang mengatakan bahwa bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Sementara, bahasa bayi, hewan, orang bisu (tuna wicara), bunyi klakson, dan bunyi beduk  bukanlah bahasa. Seperti yang dikatakan Gorys Keraf bahwa bahasa itu adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, bukan sembarang bunyi. Seorang bayi melalui tangisannya mungkin orang tuanya dapat mengerti bahwa  dia lapar atau ingin digendong. Hewan menggunakan cara-caranya sendiri untuk bergaul dengan sesamanya. Orang bisu menggunakan bahasa isyarat untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Bunyi klakson mengandung makna kepada yang mendengar, dan bunyi beduk mengandung makna bahwa waktu untuk sholat. Tetapi, bunyi-bunyi diatas bukanlah bahasa melainkan hanya media dalam berbahasa.

 RUJUKAN:

Mahmudah. 2012. Diktat Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Makassar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s