ASYER SANGGALANGI (105104068)

Tugas                                                                                                   ASYER SANGGALANGI

                                                                                                          105104068

                                                                                                          Kelas C

 

Penerapan Teori Kognitif dan Stimulus-Respon

 

a. Penerapan Teori Kognitif

Kegiatan pembelajaran mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Siswa bukan orang dewasa yang mudah dalam proses berpikirnya.
  2. Anak usia pra sekolah dan awal sekolah dasar akan dapat belajar dengan baik terutama jika menggunakan benda-benda konkret.
  3. Keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar amat dipentingkan, karena dapat mengaktifkan siswa maka proses asimilasi dan akomodasi pengetahuan dan pengalaman dapat terjadi dengan baik.
  4. Untuk menarik minat dan meningkatkan potensi belajar perlu mengaitkan pengalaman atau informasi baru dengan unsur kognitif yang telah dimiliki.
  5. Pengalaman dan retensi akan meningkat jika materi pelajaran disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke yang komplek.
  6. Belajar memahami akan lebih bermakna daripada belajar menghafal.
  7. Adanya perbedaan individual pada diri siswa perlu diperhatikan.

 

Menurut Piaget, hanya dengan mengaktifkan siswa secara optimal maka proses asimilasi dan akomodasi pengetahuan dan pengalaman dapat terjadi dengan baik.

Burner lebih banyak memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sendiri melalui aktivitas menemukan. Cara demikian akan mengarahkan siswa pada bentuk belajar induktif, yang menuntut banyak dilakukan pengulangan. Hal ini tercermin dari model kurikulum spiral yang dikemukakannya.

Langkah-langkah pembelajaran yang dikemukakan oleh masing-masing tokoh tersebut berbeda-beda. Langkah-langkah pembelajaran menurut Piaget:

  1. Menentukan tujuan pembelajaran.
  2. Memilih materi pelajaran.
  3. Memilih topik-topik yang dapat dipelajari siswa secara aktif.
  4. Menentukan kegiatan belajar yang sesuai untuk topik-topik tersebut, misalnya penelitian, memecahkan masalah, diskusi, dan simulasi.
  5. Mengembangkan metode pembelajaran untuk merangsang kreatifitas dan cara berpikir siswa.
  6. Melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa.

Langkah-langkah pembelajaran menurut Burner:

  1. Menentukan tujuan pembelajaran.
  2. Melakukan identifikasi karakter siswa.
  3. Memilih materi pembelajaran.
  4. Menentukan topik-topik yang dapat dipelajari siswa secara induktif.
  5. Mengembangkan bahan-bahan belajar yag berupa contoh-contoh, ilustrasi, dan tugas untuk dipelajari siswa.
  6. Mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana ke yang komplek.
  7. Melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa.

 

Penerapan Teori Stimulus Respon

  1. Ivan Petrovich Pavlov

Pada pembelajaran belajar seorang guru menjelaskan mengenai tata cara berpidato yang baik kemudian guru tersebut memberikan tugas kepada siswanya untuk berpidato. Siswa pu mulai berlatih. Agar siswa lebih mudah paham, guru memperlihatkan rekaman contoh rekaman video orang yang sedang berpidato dengan baik. Dengan begitu, maka siswa mendapat tugas yang sama dan dapat melakukannya dengan baik.

  1. Teori Asosiasi Edward L. Throndike

Pada pembelajaran menulis, siswa diminta menuliskan kegiatan yang dilakukannya pada saat liburan. Walaupun siswa menuliskan pengalamannya dengan tidak sistematis dan slah, namun guru mengarahkan agar siswa dapat mengulang-ulangi pekerjaanya hingga baik dan benar. Kemudian hasil pekerjaan yang baik dan benar yang dibuat oleh siswa tersebut diberi pujian oleh gurunya dan diberi nilai yang baik pula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s