azizah fatwany dahniar 105104066

TUGAS PSIKOLINGUISTIK 3

CONTOH PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN DALAM PSIKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

 

  1. A.    Teori-teori Stimulus Respon

 

  • Teori Ivan Petrovic Pavlov
  1. US (Unconditioned Stimulus) = stimulus asli atau netral : contohnya dalam pembelajaran adalah memberikan puzzle angka atau gambar merangsang anak untuk mulai menyusun gambar secara benar.
  2. UR (Unconditioned Respon) = disebut perilaku responden : yaitu sang anak refleks mengambil dan menyusun puzzle itu.
  3. 3.      CS (Conditioning Stimulus) = stimulus bersyarat yaitu stimulus yang tidak dapat langsung dijadikan respon, contohnya adalah sang anak dikenalkan dulu beberapa gambar atau memperlihatkan bagaimana cara menyusun puzzle ini perlahan-lahan akan merangsang rasa ingin tahu atau ketertarikannya terhadap puzzle.
  4. CR (Conditioning Respon) =  yaitu karena tertarik melihat puzzle  yang dimainkan oleh pengajar atau orang tua, akan dengan sendirinya terangsang minat dan ingin tahu kepada benda tersebut.

 

  • Teori Asosiasi Edwar L. Thorndike

Salah satu contoh penerapan pembelajaran dari teori asosiasi Thorndike adalah tidak dipaksakannya seorang anak untuk mengikuti pelajaran yang tidak ia minati atau tidak ia kuasai , karena bila hal tersebut terjadi stimul-stimul yabng diberikan selam ini akan sia-sia karena sang anak memang tidak menaruh minatnya terhadap bidang tersebut

 

  • Teori Behaviorisme dari John Brodes Watson

Watson percaya bahwa dengan memberikan kondisioning tertentu dalam proses pendidikan, maka akan dapat membuat anak mempunyai sifat-sifat tertentu, contoh penerapan teori ini adalah, membentuk karakter anak dapat dilakukan dengan memberikan pembiasaan dan stimulus secara teratur sehinnga akan menunjukkan kebiasaan yang berupa karakter.

 

  • Teori Kesegaran Edwin Guthrie

Dalam teorinya , hukuman memiliki peranan penting sebagai penguat dari stimulus yang telah diberikan. Contonya bila salah dalam perkalian harus didenda dengan membayar denda bila salah agar mereka tetap mengingat hapalan tersbut.

 

  • Burhus Frederic Skinner

Teori ini menenkankan penguatan dan pengulangan dan melemahkan kedudukan hukuman sebagai stimulus penguat. Contoh penerapannya adalah melakukan remedial dan memberikan tugas rumah sebagai penguat dan pengulangan dalam pembelajaran.

 

  1. B.     Teori-teori Kognitif

 

  • Teori Behaviourisme Purposif Tolman

Contoh penerapan teori ini adalah dengan memaparkan lebih dulu tujuan dilaksanakannya pembelajaran dan apa-apa saja yang harus dicapai.

 

  • Teori Medan Gestalt dari Weithermeir

Contoh penerapan teori ini adalah penelitian terhadap suatu benda yang unik dan menarik.

 

  • Teori Medan dari Lewin

Contoh penerapan teori lewin sedikit menarik karena menggabungkan  teori dari beberapa ilmuan yaitu pertukaran pelajar atau belajar mengenai budaya sebuah daerah atau Negara.

 

  • Teori Genetik Chomsky

Penerapannya yaitu mengenalkan secara dini bahasa meski dalam taraf yang sederhana, dengan mendengarkannya sebuah lagu anak-anak yang ceria atau menyebutkan nama-nama sebuah benda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s